Menkeu: Penting Jaga Momentum Pertumbuhan Indonesia

By Admin

nusakini.com--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan momentum perbaikan ekonomi perlu dijaga karena tidak hanya penting bagi bangsa Indonesia namun juga penting bagi dunia. Hal ini disampaikannya dalam Orasi Ilmiah pada Rapat Terbuka Senat dalam Rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Brawijaya (UB) di Gedung Samantha Krida UB Malang, Jum'at (05/01). 

“Posisi ini penting untuk terus menjaga momentum perbaikan, dan kemajuan yang tidak hanya penting bagi Indonesia namun juga dunia. Menjaga momentum perbaikan ekonomi dilakukan melalui perkuatan sisi produksi, memperkuat sisi permintaan, serta membangun institusi dan regulasi yang baik,” pesannya. 

Menkeu melaporkan bahwa tahun 2017 menunjukkan momentum pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kesejahteraan masyarakat yang meningkat. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan mencapai 5,05 persen, dengan perbaikan ekonomi global yang menyumbang perbaikan kinerja ekspor yang tumbuh 17,3 persen di triwulan ketiga 2017.

Dari sisi internal permintaan domestik tetap terjaga, dengan konsumsi Rumah Tangga tumbuh stabil pada tingkat 4,9 persen. Sementara itu, investasi menunjukkan momentum perbaikan dengan tumbuh di atas 7 persen. Ini merupakan hasil positif dari reformasi struktural melalui peluncuran paket-paket kebijakan ekonomi yang telah memperbaiki iklim investasi di dalam negeri. 

Ia menambahkan, capaian Indonesia pada 10 tahun terakhir yaitu menempati ranking tertinggi ketiga di antara negara G-20 setelah Tiongkok dan India dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 5,6 persen. Dilihat dari ukuran ekonomi, Indonesia menempati urutan ke-16 di antara anggota G-20 dengan tingkat pendapatan perkapita meningkat dari US$830 di tahun 2000 menjadi US$3,570 di tahun 2016 yang mengangkat status Indonesia dari low income country menjadi middle income country. (p/ab)